Jumat, 12 Oktober 2012

Bab 1 ( Mengelola dalam lingkungan bisnis dinamis : Mengambil resiko & menghasilkan laba )

I. Bisnis dan kewirausaahaan : Pendapatan , Laba adan Kerugian

Bisnis merupakan suatu organisasi dengan tujuan untuk mencapai laba. Bisnis tidak dapat berdiri sendiri , di dalamnya pasti ada campur tangan peranan lain sebagai pennunjang . Termasuk di dalamnya adalah pemangku kepentingan ( stakeholders ) , yaitu orang yang mungkin memperoleh keuntungan atau kerugian dari kebijakan dan aktivitas suatu perusahaan . Stakeholders meliputi : Pelanggan , karyawan , pemegang saham , pemasok , diler , bankir , masyarakat sekitar ( misalnya saja kelompok kepentingan dan komunitas ) , pemerhati lingkungan dan pimpinan pemerintahan terpilih . Dimana kelompok kepentingan ini dipengaruhi oleh produk-produk , kebijakan-kebijakan dan praktik bisnis .

Inti utama dari berbisnis adalah untuk memperoleh laba demi kelangsungan hidup . Namun , tidak selamanya berbisnis itu akan mendatangkan sebuah keberhasilan . Ada pula bisnis yang mengalami kegagalan .
Sebenanrnya , dalam berbisnis dibutuhkan modal keberanian , keuletan , strategi pemasaran dan kesabaran . Tanpa kita mencobanya kita tidak akan tahu apakah bisnis yang akan kita jalani akan membuahkan hasil atau tidak . Karena tidak semua bisnis berhasil mencetak keuntungan , memulai sebuah bisnis bisa menjadi hal yang beresiko bagi seorang pengusaha . Tetapi pada kenyataannya perusahaan atau seorang pengusaha yang berani mengambil resiko terbesar-lah yang mendapat keuntungan paling banyak . Jika kita menjalankan bisnis dengan penuh pertimbangan dan keputusan yang tepat , resiko yang dihadapi saat itu akan menghasilkan banyak keuntungan jika kita berhasil mengatasinya . Bahkan, diantara perusahaan-perusahaan yang memperoleh laba , tidak seluruhnya menghasilkan jumlah laba yang sama . Itu semua tergantung dari pengolahan bisnis yang efisien dan keputusan yang tepat . Bagaimana pengolahan bisnis yang efisien ?
Pasti anda juga ingin tahu jawabannya , pengolahan bisnis yang efisien adalah bagaimana meminimalisir segala sesuatu yang terjadi dengan mengambi keputusan yang tepat , dimana pasti juga ada skala prioritas dan bisa meminimalisir sumberdaya yang digunakan .
Disamping itu , teknologi juga sangat membantu dalam dunia bisnis . Terlebih bagi para pekerja bisnis dan konsumen . Tentunya fasilitas untuk menunjang pekerja manusia sangat diperlukan . Apalagi di era globalisasi ini sudah banyak alat-alat modern atau teknologi yang canggih . Contohnya seperti : komputer , telepon , iinternet , mesin fotocopy , dan lain sebagainya .
Bandingkan saja jika kita menggunakan tenaga kerja manusia yang bisa menghasilkan 500 dus dalam waktu 5 hari , dengan mesin yang dapat menghasilkan 500 dus dalam 2 hari . Pasti kita akan lebih memilih kinerja mesin yang dapat lebih efisien dalam waktu dan bisa menghasilkan produk yang banyak .
Sebagai pebisnis , kita harus bisa menguasai pasar agar tidak tertinggal oleh pebisnis lainnya . Kita juga tidak boleh ketinggalan berbagai informasi penting seputar bisnis , karena persaingan dalam lingkungan bisnis sangat banayak terjadi . Misalnya saja maraknya penjualan online melalui internet . Sebenarnya penjualan melalui internet tidak terlalu berdampak pada pasar modern (mall ) . Ttetapi untuk barang-barang tertentu seperti kaos , celana , sepatu , pasti kita lebih memilih penjualan dengan harga murah baik dalam pasar modern , tradisional maupun pembelian secara online .
Apa yang harus dilakukan juka bisnis kita mengalami rugi ? Pasti para pebisnis tidak menginginkan hal ini terjadi dalam hidupnya . Tetapi ini adalah sebuah kemungkinan . Kita bisa berpindah ke bisnis lain yang masih terjangkau . Oleh karena itu jangan terlalu terburu-buru untuk memulai bisnis baru , pelajari-lah terlebih dahulu agar kita lebih paham bagaimana prospek kedepannya .
Di dalam bisnis , tentu saja ada faktro-faktor produksi , antara lain :
  1. Sumber Daya Alam
  2. Sumber Daya Manusia
  3. Sumber Daya Modal
  4. Kewirausahaan
  5. Pengetahuan
Lingkungan bisnis juga sangat mempengaruhai dalam dunia bisnis . Yang termasuk di dalam lingkungan bisnis :
  1. Tekhnologi
  2. Sosial
  3. Persaingan
  4. Ekonomi dan Hukum
Semoga artikel ini membantu anda :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar