Jumat, 12 Oktober 2012

Bab 9 ( Memproduksi Barang dan Jasa Kelas Dunia )

Berbagai macam sumber yang digunakan dalam produksi adalah dari sumber daya manusia , bahan baku , dan sumber daya lainnya ( misalnya : pabrik dan mesin ) . Perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh empat kelompok utama karakteristik pembeli: budaya, sosial, pribadi, dan psikologi .Masing-masing faktor ini memberikan perspektif yang berbeda tentang pemahaman cara kerja pembeli.

Yang dilakukan pemanufaktur Amerika untuk mendapatkan kembali daya kompetitif:
1. Berfokus pada pelanggan

2. Mempertahankan hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

3. Mempraktikkan pengembangan yang kontinu

4. Berfokus pada kualitas

5. Menghemat biaya melalui seleksi tempat

6. Mengandalkan internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan

7. Menggunakan teknik produksi yang baru

* DARI PRODUKSI KE MANAJEMEN OPERASI

Produksi adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan faktor-faktor produksi ( tanah, tenaga kerja, modal, kewirausahaan dan pengetahuan.). Manajemen produksi merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan semua aktivitas yang dilakuan manajer untuk membantu perusahaan mereka menghasilkan barang. Manajemen operasi adalah area khusus dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber menjadi barang dan jasa Manajemen operasi di hotel-hotel didasarkan pada pelanggan. Idenya adalah untuk menawarkan layanan yang melebihi harapan pelanggan.kunci kesuksesan adalah pelatihan dan lebih banyak pelatihan.

*PROSES PRODUKSI
Form utility adalah nilai yang ditambahkan dengan pembuatan produk dan jasa yang sudah jadi, seperti nilai yang ditambahkan dengan penggunaan silicon dan pembuatan chip computer atau penggabungan layanan untuk menciptakan paket liburan. Groove kemudian mengatakan bahwa tugas yang ada di sini mencakup tiga syarat dasar produksi :
1. Membuat dan mengirimkan produk sebagai respons terhadap permintaan pelanggan pada waktu pengiriman yang telah ditentukan
2. Memberikan tingkat kualitas yang dapat diterima
3. Memberikan segalanya dengan harga yang serendah mungkin
Dua istilah produksi:
1. Manufaktur proses secara fisik dan kimiawi mengubah bahan. Contoh: merebus secara fisik mengubah telur.
2. Proses perakitan menyatukan komponen-komponen (telur,roti panggang, dan kopi) untuk membuat produk (makan pagi).
* KEBUTUHAN UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK PRODUKSI DAN MENGHEMAT BIAYA
Tujuan utama dari manufaktur dan manajemen operasi adalah untuk menyediakan produk barang dan jasa berkualitas tinggi secara instan sebagai respons terhadap permintaan pelanggan.
Ide dari produksi massal adalah untuk membuat berbagai produk yang terbatas dalam jumlah besar dengan biaya yang sangat rendah.
Manufaktur dan Desain yang Dibantu dengan Komputer :
CAD adalah desain yang dibantu oleh komputer.
CAM adalah manufaktur yang dibantu oleh komputer.
CIM adalah manufaktur yang diintegrasi oleh komputer.

Selanjutnya Proses produksi yang Berkelanjutan merupakan proses dimana produksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali-kali. Proses Produksi terdiri atas penggunaan faktor produksi (tanah,dll) dan penggunaan masukan itu untuk memproduksi barang, jasa, dan ide. Perencanaan, pengarahan, penjadwalan, dan aktivitas lainnya merupakan cara untuk mencapai objektif-hasil
Proses Sebentar-sebentar adalah proses produksi dimana jumlah produksi sedikit dan mesin sering diubah untuk membuat produk-produk yang berbeda.
- Manufaktur proses adalah bagian proses produksi yang secara fisik atau kimiawi mengubah bahan.

- Proses perakitan adalah bagian proses produksi yang menyatukan komponen-komponen.

- Proses yang berkelanjutan adalah proses produksi dimana produksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali-kali.

* MANUFAKTUR DAN DESAIN YANG DIBANTU DENGAN KOMPUTER
o Manufaktur yang flexibel : merancang mesin untuk mengerjakan banyak tugas sehingga mesin tersebut dapat mnghasilkan beragam produk.
o Manufaktur yang ramping : produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang produksi massa.
o Penyesuaian massa : menyesuaikan produk untuk untuk memenuhi kebutuuhan pelanggan individual.

* PERENCANAAN MANAJEMEN OPERASI
1. Lokasi fasilitas
Lokasi fasilitas adalah proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan.
Ø Lokasi fasilitas untuk para pemanufaktur
Ø Membawa manajemen operasi ke internet
Ø Lokasi fasilitas di masa depan
2. Tata ruang fasilitas
Tata ruang fasilitas adalah susunan fisik sumber (termasuk orang-orang) dalam proses produksi
3. Perencanaan persyaratan bahan
Perencanaan persyaratan bahan adalah system manajemen produksi berbasis computer yang menggunakan ramalan penjualan untuk memastikan bahwa bagian-bagian dari bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia pada waktu dan tempat yang tepat. Perencanaan sumber persyaratan adalah aplikasi yang memungkinkan banyak perusahaan untuk mengatur semua operasi mereka dan pemenuhan pada basis kumpulan data korporat yang terintegrasi.
4. Pembelian
Pembelian adalah fungsi dalam sebuah perusahaan yang mencari sumber bahan berkualitas, menemukan pemasok terbaik dan menegosiasikan harga terbaik untuk barang dan jasa.
5. Kontrol inventaris yang tepat pada waktunya
Kontrol inventaris yang tepat pada waktunya adalah proses produksi dimana inventaris minimum disimpan di dalam gudang serta bagian, persediaan dan kebutuhan lain dikirimkan tepat pada waktunya ke lini perakitan.
6. Kontrol kualitas
Kualitas adalah secara konsisten memproduksi apa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman ke pelanggan. Kualitas sigma enam adalah ukuran kualitas yang memperkenankan hanya 3,4 kerusakan per juta kesempatan. Control kualitas statis adalah proses yang digunakan beberapa manajer untuk secara kontinu memonitor semua fase proses produksi guna memastikan bahwa kualitas ditambahkan dalam produk tersebut dari awal. Control proses statis adalah proses pengambilan sampel statis dari komponen-komponen produk pada setiap tingkat proses produksi dan menggambarkan hasil-hasilnya di atas grafik.
7. Standar kualitas
Intenational Organization for Standardization (ISO) adalah federasi badan standar nasional lingkup dunia lebih dari 140 negara yang menetukan ukuran global untuk kualitas produk individual. ISO adalah organisasi non pemerintah yang didirikan pada tahun 1947 untuk memajukan perkembangan standar dunia guna memfasilitasi pertukaran barang dan jasa internasional.

ISO 9000 adalah nama umum yang diberikan untuk manajemen yang berkualiats dan standar yang terjamin
ISO 14000 adalah kumpulan praktik terbaik untuk mengelola pengaruh organisasi terhadap lingkungan.

* PROSES KENDALI : PERT DAN BAGAN GANTT
Fungsi penting dari seorang manajer operasi adalah untuk memastikan bahwa produk dibuat dan dikirimkan tepat pada waktunya, sesuai anggaran dan sesuai spesifikasi. Pengguna PRT menganalisis tugas yang terlibat dalam menyelesaikan setiap tugas, dan mengidentifikasikan waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proyek.
Secara resmi, langkah-langkah yang dilibatkan dalam penggunaan PERT:
1. Menganalisis dan mengurutkan tugas-tugas yang harus dilakukan
2. Memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas
3. Menggambar jaringan PERT yang mengilustrasikan infomasi dari langkag 1,2
4. Mengidentifikasikan jalan penting
Jalan penting adalah urutan tugas yang membutuhkan waktu penyelesaian terlama. Kata penting digunakan dalam istilah ini karena penundaan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan jalan ini akan menyebabkan keterlambatan proyek atau produksi.
Bagan Gantt (Gantt chart) adalah sebuah grafik batang yang dengan jelas menunjukan proyek yang sedang dikerjakan dan seberapa banyak yang telah diselesaikan dalam waktu tertentu. Dengan menggunakan program computer seperti Gantt. Seorang manajer dapat melacak proses produksi meneit demi menit untuk menentukan tugas mana yang tepat waktu dan mana yang tertinggal, sehingga penyesuaian dapat dilakukan guna memungkinkan perusahaan tetap beroperasi sesuai jadwal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar