Jumat, 12 Oktober 2012

Bab 11 : Menemukan dan Mempertahankan Karyawan Terbaik

Memasuki minggu ke-6 , kali ini membahas mengenai Menemukan dan Mempertahankan Karyawan Terbaik. Setiap lapangan pekerjaan biasanya membutuhkan karyawan terutama suatu perusahaan . Pasti perusahaan tersebut merekrut karyawan-karyawan terbaik setelah melewati beberapa proses seleksi yang ketat. Apalagi kalau karyawan mampu memberikan prestasi kerja yang gemilang , perusahaan pasti ikut diuntungkan dan tidak ingin kehilangan karyawan-karyawan terbaiknya. Jika anda ingin mempertahankan pemenang anda, pastikan mereka merasa diakui dan dihargai. Tau nggak gimanaa caranya ? Hayo ?

Cara-cara yang bisa dilakukan bisa dengan :

1. Kenali “pemenang” anda.
Hampir setiap perusahaan memiliki tenaga penjualan yang secara teratur
menciptakan angka-angka mereka namun meninggalkan jejak pelanggan yang
marah dan rekan sekerja yang tidak puas dalam kekalahannya. Dan hampir
setiap orang mengetahui bahwa manajer yang memperoleh hasil dalam jangka
waktu yang singkat namun memaksa karyawan yang baik untuk pergi dengan
kepribadiannya yang kasar. Sehingga jelaslah, terdapat lebih banyak
kemenangan daripada sekedar hasil.

Kinerja berisi dua komponen yang berbeda, yaitu – apa yang dilakukan
karyawan dan bagaimana mereka melakukannya. Banyak karyawan yang pandai
dalam satu bidang atau lainnya. Kinerja yang terbaik adalah pandai dalam
keduanya. Mereka memproduksi hasil yang luar biasa dan benar-benar
menunjukkan keselarasan dengan nilai dan budaya organisasi. Mereka
menyelesaikan segalanya dan melakukannya dengan cara yang terhormat,
saling mendukung dan menguatkan satu dengan yang lain.

2. Tunjukkan penghargaan anda.
Kesalahan terbesar dari sebagian pimpinan dan manajer adalah membiarkan
pencipta kinerja terbaik mereka begitu saja. Sebagian besar karena
pikiran mereka tercurah untuk menyelesaikan permasalahan yang disebabkan
oleh masalah karyawan. Dan sebagian besar lagi karena pemenang terlalu
sibuk dengan pekerjaannya sehingga mereka jarang menciptakan goncangan.

Untuk memperlihatkan penghargaan anda, kenali pencipta kinerja
terbaik anda secara teratur, baik secara umum maupun khusus. Katakan
kepada mereka seberapa besar penghargaan anda atas kerja keras dan
kemampuan mereka dalam menyelesaikan pekerjaan, dan jadikan mereka
sebagai teladan bagi karyawan lain. Kirimi mereka catatan tulisan tangan
anda, kartu ucapan singkat, atau insentif lainnya. Mereka bekerja
keras untuk anda, sehingga pergilah dan buat mereka merasa diinginkan
dan dihargai.

3. Hilangkan penghalang mereka.
Untuk pencipta kinerja terbaik, tidak ada satu pun yang membuat mereka
frustasi selain kurangnya informasi, sumber daya, atau dukungan
manajemen. Periksalah secara teratur untuk memastikan pencipta kinerja
terbaik anda mendapatkan segala sesuatu yang mereka butuhkan dari anda
dan rekan kerja mereka agar pekerjaannya dapat terselesaikan. Di waktu
yang sama, pastikan bahwa kebutuhan mereka memang sesuai dengan bidang
pelatihan dan pengembangan keahlian.

4. Cari tahu apa yang ada dalam pikirannya.
Ketika pencipta kinerja terbaik pindah ke perusahaan lain, sangat jarang
mereka melakukannya untuk memperoleh lebih banyak uang. Selama ini
sering terjadi karena timbulnya ketidakpuasan dengan sesuatu dalam
lingkungan kerja mereka. Untuk mempertahankan orang-orang terbaik anda
dari kehancuran, cari tahu apa yang ada dipikirannya dan apa yang
benar-benar memotivasi mereka dan apa yang paling membuat mereka nyaman
dengan pekerjaan mereka.

Apakah mereka ingin meningkatkan otoritas dan tanggung jawab dalam
posisi mereka saat ini? Apakah mereka menginginkan lebih banyak peluang
untuk pengembangan keahlian? Apakan mereka ingin memimpin sebuah tim,
departemen, atau divisi? Mungkin mereka senang jika memiliki banyak
waktu luang untuk keluarga mereka. Atau mungkin mereka ingin terlibat
dalam beberapa jenis layanan kemasyarakatan atas nama perusahaan.

Periksalah secara teratur untuk mengetahui semangat mereka. Ajukan
beberapa pertanyaan seperti, “Apa yang paling kamu senangi dari
pekerjaanmu di sini? Apakah yang paling kamu senangi? Jika anda dapat
mengubah situasi dalam pekerjaan anda, apa yang akan anda ubah?

Jelas anda tidak dapat membuat setiap orang merasa bahagia setiap
saat. Dan tidak memungkinkan untuk memberikan semua yang diinginkan oleh
superstar anda. Tetapi usaha yang paling bijaksana bagi anda adalah
memahami dan memenuhi kebutuhan mereka yang akan membantu pemenang anda
merasa dibutuhkan dan dihargai. Dan hal itu dapat menciptakan perbedaan
yang sangat besar jika suatu saat pesaing anda menghubungi!



Btw , tadi kita kan bahas mengenai perekrutan karyawan di awal , tau nggak sih apa itu perekrutan ? Perekrutan adalah rangkaian aktivitas yang digunakan untuk mendapatkan jumlah orang yang tepat yang memadai pada saat yang tepat, tujuannya untuk menyeleksi mereka yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Namun kadang perekrutan itu menjadi sulit . Tau nggak kira-kira kenapa bisa begitu?
Berikut beberapa alasan perekrutan menjadi sulit:
•beberapa organisasi memiliki kebijaksanaan yang menuntut promosi dari dalam, beroperasi dibawah peraturan serikat kerja, atau memberikan upah yang rendah yg menjadikan perekrutan dan pemeliharaan karyawan sulit atau rentan akan pengaruh dan pembatasan dr luar
•penekanan pada kulltur korporat, kerja sama tim, dan manajemen yang partisipatif menjadikannya penting untuk memperkerjakan orang ² yang tidak hanya terampil, ttp jg sesuai dg kultur dan gaya kepemimpinan organisasi
•terkadang, orang-orang yang memiliki ketrampilan yang dibutuhkan tidaklah tersedia, dalam hal ini, para pekerja harus dipekerjakan dan kemudian dilatih scra internal
Mempertahankan karyawan yang menduduki posisi kunci merupakan kebutuhan untuk kesehatan dan kesuksesan bisnis Anda jangka panjang. Semua manajer pasti sepakat bahwa mempertahankan karyawan-karyawan terbaik Anda pada gilirannya akan memberi kepastian bagi kepuasan pelanggan, penjualan produk, memuaskan staf level bawah dan mengefektifkan rencana menuju sukses. Namun terkadang ada beberapa tantangan dalam sumber daya manusia.

Berikut ini beberapa tantangan dan peluang yang ditemui dalam bidang sumber daya manusia:
•kekurangan orang yang terlatih dalam bidang pertumbuhan di masa depan seperti komputer, bioteknologi, robotik
•banyaknya populasi pekerja yang terampil dan tidak terampil dari industri yang mengalami penurunan, seperti baja, mobil, dan pembuatan pakaian yang menganggur dan setengah menganggur dan membutuhkan pelatihan ulang
•semakin meningkatnya presentase pekerja baru yang kurang terdidik dan tidak siap untuk pekerjaan dalam lingkungan bisnis jaman sekarang
•permintaan yang meningkat untuk tunjangan yang disesuaikan dengan individu tersebut.

Nah , kalau gitu gimana ya cara menentukan kebutuhan Sumber Daya Manusia ? Yuk lihat ulasan dibawah ^.^

•mempersiapkan inventaris sumber daya manusia dari karyawan organisasi
•mempersiapkan analisis pekerjaan
•menilai permintaan sumber daya manusia di masa depan
•menilai persediaan masa depan
•membuat rencana strategis



Ada juga beberapa istilah dalam materi ini :
Pekerja kontingen

adalah pekerja yang tidak memiliki harapan akan pekerjaan purnawaktu yang tetap. Pekerja kontingen ini menerima sedikit tunjangan, mereka jarang diberi asuransi kesehatan, waktu liburan, atau dana pensiunan tersendiri. Disisi positif, banyak pekerja yang berada dalam tugas temporer pada akhirnya diberi posisi purnawaktu.

2. Orientasi karyawan

adalah aktivitas yang menginisiasikan karyawan pd organisasi, pd teman karyawan, pada penyelia lsg mereka, dan pd kebijaksanaan praktik, dan objektif perusahaan

3. Pelatihan pada pekerjaan

adalah jenis pelatihan yang paling fundamental, merupakan pelatihan dimana karyawan dengan segera memulai tugasnya dan belajar dengan melakukan atau mengamati orang lain untuk sementara waktu dan kemudian meniru mereka, semuanya ditempat kerja

4. Program magang adalah program pelatihan yg melibatkan satu periode dimana pelajar bekerja berdampingan dg seorang karyawan yg benrpengalaman untuk menguasai ketrampilan tsb dan prosedur keahlian

5. Pelatihan diluar pekerjaan adalah pelatihan yg dilakukan jauh dr tempat kerja dan terdiri atas program internal atau eksternal untuk mengembangkan berbagai keterampilan atau untuk memajukan perkembangan pribadi

6. Pelatihan online adalah program pelatihan dimana para karyawan ‘menghadiri’ kelas via internet



Sekian informasi dari saya , semoga membantu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar